Merdeka Mengajar

pelatihan-mandiri-platform-merdeka

IGI siap mengawal RUU Sisdiknas

Lawan Krisis Pembelajaran, Tingkatkan Kemampuan Dasar Siswapelatihan-mandiri-platform-merdeka

Organisasi Profesi Guru

SINERGI IGI untuk INDONESIA MAJU|Bengkulu,10-11 April 2021

Organisasi Profesi Guru

Presiden Jokowi memberi hormat kepada Guru-Guru se Indonesia.

Membangun Sinergi Ekosistem Digital Sekolah

Adopsi teknologi dalam pembelajaran, juga merupakan salah satu rumusan program Kemendikbud mengenai digitalisasi sekolah sebagai upaya untuk mempersiapkan Sumber Daya Manusia dalam menghadapi revolusi industri 4.0

Guru Belajar Seri Masa Pandemi Covid-19

Adanya program guru belajar Kemdikbud ini dikarenakan adanya perubahan cara belajar selama masa pandemi Covid-19

Seri Guru Belajar Pendidikan Keterampilan Hidup (PKH)

PKH bagi para guru SMP dan SMA/SMK di Indonesia dirancang agar Anda dapat mendukung peserta didik dalam mengembangkan keterampilan abad ke-21

Senin, 26 Juli 2021

Soal & Jawaban Penilaian Tengah Pelajaran 5 Empowered Teacher : Penerapan Kelas Campuran

Soal & Kunci Penilaian Tengah Pelajaran 5 Seri Semangat Guru

Soal & Jawaban Penilaian Awal Pelajaran 5 : Empowered Teacher - Seri Semangat Guru

Soal & Kunci Penilaian Awal Lesson 5 Seri Semangat Guru

Kuis Penilaian Awal, Tengah, dan Akhir Pelajaran 4 : Communication Komunikasi Efektif


Kuis Penilaian Awal Pelajaran 4 Communication Komunikasi Efektif
 - Sebelum Bapak / Ibu mempelajari Materi Pelajaran 4, Bapak / Ibu telah menyelesaikan tahap sebelumnya yaitu Kuis Penilaian Akhir Pelajaran 3 Creativity Konten dan Teknik Penceritaan.

Soal & Jawaban Kuis Penilaian Awal, Tengah, dan Akhir Pelajaran 3 CREATIVITY

Kuis Penilaian Pelajaran 3 Creativity -  Bapak/Ibu menyelesaikan Kuis Penilaian Awal Pelajaran 3, Kuis Penilaian Tengah Pelajaran 3, Kuis Penilaian Akhir Pelajaran 3. Sebagai catatan, apabila Bapak / Ibu masih mengalami kesulitan, silahkan luangkan waktu untuk menyimak kembali video rekaman webinar.

Dan jika Bapak / Ibu sudah selesai mengerjakan kuis ini, jangan lupa untuk mengklik “Click Here to Continue” agar bisa melanjutkan ke bagian selanjutnya. Jika tombol untuk lanjut tidak muncul, itu berarti Bapak / Ibu belum berhasil mencapai batas minimum kelulusan. Silahkan ulangi kembali / kerjakan kembali Kuis Penilaian Tengah Pelajaran 3 sampai Bapak / Ibu mendapatkan nilai mencapai 70%.


Soal & Kunci Penilaian Awal Pelajaran 3 Creativity

1. Apa isi dari sebuah konten?
A. Informasi
B. Hiburan
C. Ajakan
D. Semua benar

2. Diantara dibawah ini mana tahapan pertama untuk membuat konten?
A. Membuat rencana
B. Memasarkan
C. Mengeksekusi
D. Memviralkan

3. Dibawah ini yang termasuk tiga komponen utama yang perlu diperhatikan pada saat membuat rencana adalah :
A. Mengerti persis apa masalahnya
B. Mengerti persis apa solusi paling tepat
C. Mengerti persis pemirsanya
D. Semuanya benar

4. Tiga Kunci dalam eksekusi konten adalah :
A. Impact, Communication, Execution
B. Impact, Execution, Persuasion
C. Impact, Communication, Persuasion
D. Execuion, Persuasion, Impact

5. Dalam proses pembuatan konten, diperlukan pertanyaan validasi untuk memastikan kontennya bermanfaat, berikut adalah pertanyaan validasi kecuali :
A. Apakah konten ini menarik?
B. Apakah konten ini akan viral?
C. Apakah konten ini informatif?
D. Apakah konten ini membuat orang lain menjadi peduli?

6. Hook secara literal dapat diartikan sebagai :
A. Pengait
B. Pengikat
C. Pelindung
D. Persatuan

7. Manakah dari pernyataan di bawah ini yang merupakan definisi dari struktur tiga babak :
A. Elemen yang dapat menarik penonton untuk terus mengikuti cerita yang akan disampaikan
B. Struktur dasar yang digunakan dalam menulis drama, film dan penceritaan
C. Perkenalan pada cerita dan karakter dengan informasi yang relevan dengan penonton
D. Konflik dalam sebuah cerita yang diciptakan sehingga menjadi seru

8. Hal apa saja yang termasuk dalam struktur tiga babak :
A. Evolusi
B. Revolusi
C. Ekspresi
D. Resolusi

9. Apa sajakah kelebihan teknik penceritaan?
A. Cerita mudah diingat
B. Cerita menarik perhatian pembaca
C. Cerita menggugah perasaan pembaca
D. Cerita mudah ditebak akhirnya

10. Siapa yang menunjukkan bahwa fakta 20 kali lebih mungkin diingat jika itu adalah bagian dari sebuah cerita?
A. J.K Rowling
B. Charles Dickens
C. Jerome Bruner
D. Anna Freud

11. Apakah fungsi utama hook?
A. Menjadikan konten yang diciptakan menjadi seru dan menarik untuk terus dilihat
B. Membuat penonton melihat ke depan dalam beberapa cara, sehingga mereka akan penasaran dan secara sukarela meneruskan untuk melihat konten yang disajikan
C. Membuat dan membangun konflik dan resolusi yang jelas adalah hal yang membuat seluruh pengalaman belajar berkesan
D. Memastikan kejelasan cerita

12. Dalam teknik penceritaan, hook adalah :
A. Penentuan apakah cerita ini menarik
B. Membuat konten yang membuat kepedulian
C. Elemen yang dapat menarik penonton untuk terus mengikuti cerita yang akan disampaikan
D. Perkenalan pada ceita dan karakter dengan informasi yang relevan dengan penonton dan keseluruhan cerita

13. Masalah teratasi merupakan bagian dari struktur tiga babak yaitu :
A. Ekspresi
B. Impact
C. Persuation
D. Resolusi

14. Apakah yang dapat membuat sebuah konten yng diciptakan menjadi seru?
A. Konflik dan resolusi
B. Communication
C. Plot cerita
D. Peran utama

15. Manakah yang termasuk dalam tips untuk membangun cerita dalam pengajaran atau pembuatan konten?
A. Menyampaikan dengan pengantar yang tepat
B. Mengerti persis masalahnya
C. Memastikan kejelasan cerita
D. Biarkan konflik menggantung


Kunci Kuis Penilaian Tengah Pelajaran 3 Seri Semangat Guru
1. Apa isi dari sebuah konten?
A. Informasi
B. Hiburan
C. Ajakan
D. Semua benar

2. Diantara dibawah ini mana tahapan pertama untuk membuat konten?
A. Membuat rencana
B. Memasarkan
C. Mengeksekusi
D. Memviralkan

3. Dibawah ini yang termasuk tiga komponen utama yang perlu diperhatikan pada saat membuat rencana adalah :
A. Mengerti persis apa masalahnya
B. Mengerti persis apa solusi paling tepat
C. Mengerti persis pemirsanya
D. Semuanya benar

4. Tiga Kunci dalam eksekusi konten adalah :
A. Impact, Communication, Execution
B. Impact, Execution, Persuasion
C. Impact, Communication, Persuasion
D. Execuion, Persuasion, Impact

5. Dalam proses pembuatan konten, diperlukan pertanyaan validasi untuk memastikan kontennya bermanfaat, berikut adalah pertanyaan validasi kecuali :
A. Apakah konten ini menarik?
B. Apakah konten ini akan viral?
C. Apakah konten ini informatif?
D. Apakah konten ini membuat orang lain menjadi peduli?


Kunci Kuis Penilaian Akhir Pelajaran 3 Seri Semangat Guru


1. Hook secara literal dapat diartikan sebagai :
A. Pengait
B. Pengikat
C. Pelindung
D. Persatuan

2. Manakah dari pernyataan di bawah ini yang merupakan definisi dari struktur tiga babak :
A. Elemen yang dapat menarik penonton untuk terus mengikuti cerita yang akan disampaikan
B. Struktur dasar yang digunakan dalam menulis drama, film dan penceritaan
C. Perkenalan pada cerita dan karakter dengan informasi yang relevan dengan penonton
D. Konflik dalam sebuah cerita yang diciptakan sehingga menjadi seru

3. Hal apa saja yang termasuk dalam struktur tiga babak :
A. Evolusi
B. Revolusi
C. Ekspresi
D. Resolusi


4. Apa sajakah kelebihan teknik penceritaan?
A. Cerita mudah diingat
B. Cerita menarik perhatian pembaca
C. Cerita menggugah perasaan pembaca
D. Cerita mudah ditebak akhirnya

5. Siapa yang menunjukkan bahwa fakta 20 kali lebih mungkin diingat jika itu adalah bagian dari sebuah cerita?
A. J.K Rowling
B. Charles Dickens
C. Jerome Bruner
D. Anna Freud

6. Apakah fungsi utama hook?
A. Menjadikan konten yang diciptakan menjadi seru dan menarik untuk terus dilihat
B. Membuat penonton melihat ke depan dalam beberapa cara, sehingga mereka akan penasaran dan secara sukarela meneruskan untuk melihat konten yang disajikan
C. Membuat dan membangun konflik dan resolusi yang jelas adalah hal yang membuat seluruh pengalaman belajar berkesan
D. Memastikan kejelasan cerita

7. Dalam teknik penceritaan, hook adalah :
A. Penentuan apakah cerita ini menarik
B. Membuat konten yang membuat kepedulian
C. Elemen yang dapat menarik penonton untuk terus mengikuti cerita yang akan disampaikan
D. Perkenalan pada ceita dan karakter dengan informasi yang relevan dengan penonton dan keseluruhan cerita

8. Masalah teratasi merupakan bagian dari struktur tiga babak yaitu :
A. Ekspresi
B. Impact
C. Persuation
D. Resolusi


9. Apakah yang dapat membuat sebuah konten yng diciptakan menjadi seru?
A. Konflik dan resolusi
B. Communication
C. Plot cerita
D. Peran utama


10. Manakah yang termasuk dalam tips untuk membangun cerita dalam pengajaran atau pembuatan konten?
A. Menyampaikan dengan pengantar yang tepat
B. Mengerti persis masalahnya
C. Memastikan kejelasan cerita
D. Biarkan konflik menggantung




Soal & Jawaban Penilaian Akhir Pelajaran 2 Critical Thinking

Kuis Penilaian Akhir Pelajaran 2 Seri Semangat Guru - Tahap akhir Guru Belajar Seri Semangat Guru Pelajaran 2 Critical Thinking adalah peserta diminta untuk menjawab Kuis Penilaian Akhir Pelajaran 2. Kuis ini akan bisa dikerjakan apabila Bapak / Ibu telah menyelesaikan tahap sebelumnya yaitu menjawab Kuis Penilaian Awal Pelajaran 2 dan Kuis Penilaian Tengah Pelajaran 2.

Soal & Jawaban Penilaian Tengah Pelajaran 2 Critical Thinking

 Batas minimum kelulusan adalah 70%, apabila sudah selesai mengerjakan kuis ini, jangan lupa mengklik "Click Here to Continue" agar bisa melanjutkan ke bagian selanjutnya. Tetapi apabila tombol untuk lanjut tidak muncul, berarti Bapak / Ibu belum berhasil mencapai batas minimum kelulusan dan bisa mengulangi kembali dengan menjawab seluruh soal Penilain Tengah Pelajaran 2.

Soal & Jawaban | Penilaian Awal Pelajaran 2 Seri Semangat Guru

Kunci Kuis Penilaian Awal Pelajaran 2 Synchronous Critical Thinking Guru Belajar Seri Semangat Guru - Soal yang disediakan pada Penilaian Awal Pelajaran 2 Synchronous sejumlah 10 butir pertanyaan, dimana setiap pertanyaan akan diperkenalkan kata kunci kepada Bapak / Ibu Peserta Guru Belajar Seri Semangat Guru.

Soal & Jawaban Penilaian Akhir Pelajaran 1 Seri Semangat Guru


Soal & Kunci Penilaian Akhir Pelajaran 1 Asynchronous - Resilience Guru Belajar Seri Semangat Guru - Bapak / Ibu Peserta Guru Belajar Seri Semangat Guru yang akan mengikuti Penilaian Akhir Pelajaran 1 diminta untuk menjawab setiap pertanyaan dengan benar.

Soal & Jawaban Penilaian Tengah Pelajaran 1 Seri Semangat Guru


Soal & Kunci Kuis Penilaian Tengah Pelajaran 1 Asynchronous
 - Resilience Guru Belajar Seri Semangat Guru - Bapak / Ibu Peserta Guru Belajar Seri Semangat Guru yang akan mengikuti Kuis Penilaian Tengah Pelajaran 1 diminta untuk menjawab setiap pertanyaan dengan benar.

Soal & Jawaban Penilaian Awal Pelajaran 1 Synchronous Resilience


Kunci Jawaban Penilaian Awal Pelajaraan 1 Synchronous Resilience Guru Belajar Seri Semangat Guru Kemampuan Nonteknis dalam Adaptasi Teknologi - Tujuan kuis ini adalah untuk pemanasan (belajar selalu lebih baik jika gagasan-gagasan terkait sudah diaktifkan sebelum Peserta Guru Belajar Seri Semangat Guru mulai belajar).

Soal & Jawaban Asesmen Pra Untuk Guru Seri Panduan Pembelajaran Tahun Ajaran 2021/2022

Soal & Jawaban Asesmen Pra Untuk Guru Seri Panduan PembelajaranKunci Asesmen Pra Bimtek Seri Panduan Pembelajaran Tahun Ajaran 2021/2022 Untuk Guru - Peserta Guru Belajar Seri Panduan Pembelajaran dapat mengerjakan Asesmen Pra untuk Guru dengan mengklik tombol Start Quis setelah muncul Topik Bimtek.

Soal & Jawaban Asesmen Pasca Panduan Pembelajaran Untuk Guru Tahun Ajaran 2021/2022

Jawaban Kuis Asesmen Pasca Untuk Guru - Bagi Peserta Guru Belajar Seri Panduan Pembelajaran yang telah menyelesaikan seluruh topik pembelajaran yang disajikan antara lain :
  1. Pengantar Bimtek Seri Panduan Pembelajaran Tahun Ajaran 2021/2022 untuk Guru
  2. Konsep Pembelajaran Tahun Ajaran 2021/2022 untuk Guru
  3. Kerangka Dasar Pembelajaran Tahun Ajaran 2021/2022 untuk Guru
  4. Prinsip dan Strategi Pembelajaran Tahun Ajaran 2021/2022 untuk Guru
  5. Rancangan Pembelajaran Kelas/Mata Pelajaran Tahun Ajaran 2021/2022 untuk Guru
  6. Penjaminan Mutu Pembelajaran Tahun Ajaran 2021/2022 untuk Guru
Maka Bapak/ Ibu akan menuju tahap terakhir yaitu Penutup Bimtek Seri Panduan Pembelajaran Tahun 2021/2022 untuk Guru atau Asesmen Pasca Program Seri Pembelajaran Tahun Ajaran 2021/2022 untuk Guru.

Pada tahap akhir ini, Bapak/Ibu hanya mempunyai 2 kesempatan untuk mengulang Asesmen Pasca Seri Panduan Pembelajaran. Jika seluruh kesempatan telah habis dan pencapaian nilai masih di bawah 70, maka Bapak / Ibu akan dinyatakan tidak lulus.

Meskipun demikian, Bapak/Ibu akan dapat mengikuti kembali dengan atau mengulang program Bimtek Seri Pembelajaran Tahun Ajaran 2021/2022 untuk Guru pada Angkatan berikutnya.


Jawaban Asesmen Pasca Untuk Guru

1. Dengan disusun dan diterbitkannya Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran di Masa Pandemi COVID-19 ini untuk membantu guru dan satuan pendidikan dalam menyelenggarakan pembelajaran pada tahun ajaran 2021/2022. Diharapkan...
A. Satuan pendidikan membentuk satuan tugas COVID-19 untuk persiapan pembelajaran
B. Guru dan tenaga kependidikan mempunyai acuan dalam merancang, melaksanakan, memandu dan mengembangkan pembelajaran yang efektif
C. Guru mampu menyesuaikan dalam Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (PTM Terbatas).
D. Semua benar

2. Dalam Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran di Masa Pandemi terdapat Dasar Hukum tentang Pembatasan Sosial Berskala Besar Ralam rangka Percepatan Penangangan Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) yang tertuang dalam...
A. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003
B. Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2017
C. Peraturan Menteri Pendidikan dan kebudayaan Nomor 33 Tahun 2019
D. Peraturan Pemerintah Nomor 21 Tahun 2020

3. Berikut adalah tujuan penyusunan Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran PAUDDIKDASMEN di Masa Pandemi (COVID-19), kecuali...
A. Memandu satuan pendidikan untuk mempersiapkan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ)
B. Memandu guru dan tenaga kependidikan dalam merancang, memfasilitasi, melaksanakan dan merefleksikan pembelajaran di masa pandemi COVID-19.
C. Memandu warga satuan pendidikan dalam melakukan pemantauan dan evaluasi terhadap efektivitas pembelajaran di masa pandemi COVID-19.
D. Memandu guru dan tenaga kependidikan dalam melakukan penyesuaian ketika ada perubahan kondisi pada satuan pendidikan dan/atau status daerah terkait pandemi COVID-19

4. Dalam manfaat Panduan Pembelajaran PAUDDIKDASMEN di masa Pandemi COVID-19 terdapat arahan untuk penyesuaian konsep dan rencana pembelajaran di masa pandemi bagi...
A. Kepala satuan pendidikan
B. Peserta didik dan warga satuan pendidikan
C. Guru dan tenaga kependidikan
D. Guru dan peserta didik

5. Dalam Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran PAUDDIKDASMEN di Masa Pandemi COVID-19 terdapat panduan yang dibuat sebagai acuan bagi guru yaitu...
A. Panduan pengaturan jadwal pembelajaran kelas atau mata pelajaran di masa pandemi COVID-19
B. Panduan pengelolaan pembelajaran di masa pandemi COVID-19 di satuan pendidikan
C. Panduan pengaturan jadwal pembelajaran di masa pandemi COVID-19 di satuan pendidikan
D. Panduan penyusunan RPP kelas atau mata pelajaran di masa pandemi COVID-19

6. Tingkat pelibatan guru dalam merencanakan, melaksanakan, memberi umpan balik dan mengembangkan rencana tindak lanjut pengembangan pembelajaran di masa pandemi COVID-19 adalah salah satu ukuran keberhasilan bagi...
A. Kepala satuan pendidikan
B. Guru
C. Tenaga kependidikan
D. Peserta didik

7. Berdasarkan SKB 4 Menteri yang ditetapkan pada 30 Maret 2021, terdapat ketentuan pokok yang harus diketahui dan dipatuhi oleh satuan pendidikan yang berjumlah...
A. 7
B. 8
C. 9
D. 10

8. Sebuah sekolah dasar di daerah Gowa telah melakukan PTM Terbatas, Guru Rama mengajar mata pelajaran kesenian. Selain mengajar, Guru Rama juga bertugas untuk memantau kesehatan setiap warga sekolah dengan berfokus kepada gejala umum seperti demam, batuk, pilek, nyeri tenggorokan, sesak nafas, sakit kepala, mual/muntah, diare, anosmia (hilangnya kemampuan indra penciuman), atau gejala ageusia (hilangnya kemampuan indra perasa). Berdasarkan pernyataan tersebut Guru Rama juga merupakan bagian dari...
A. Tim Kesehatan, Kebersihan dan Keamanan
B. Tim Pembelajaran, Psikososial dan Tata Ruang
C. Tim Pelatihan dan Humas
D. Satuan Pendidikan

9. Pada sekolah tempat Guru Sinta mengajar akan melakukan PTM Terbatas. Sebelumnya Guru Sinta telah membagi rombongan belajar kelasnya yang terdiri dari 30 siswa menjadi 2 kelompok. Guru Sinta juga telah mengatur posisi duduk siswa agar tetap berjarak 1.5m. Saat pelaksanaan PTM Terbatas untuk kelompok pertama, Guru Sinta selalu mengingatkan siswanya untuk selalu menggunakan masker, mencuci tangan, dan tidak saling meminjam peralatan tulis. Selama pembelajaran berlangsung, Guru Sinta juga selalu mengawasi siswa yang terlihat kurang sehat untuk segera mendapat tindakan kesehatan. Hal yang dilakukan oleh Guru Sinta merupakan...
A. Protokol kesehatan di dalam ruangan
B. Protokol kesehatan di ruang kelas
C. Protokul kesehatan di sekolah
D. Protokol kesehatan di tempat umum

10. Dengan adanya resiko penularan maka praktik penyelenggaraan pembelajaran membutuhkan penyesuaian untuk memastikan keselamatan warga sekolah. Pada penyelenggaraan sekolah dapat memilih satu dari tiga pilihan kurikulum yaitu Kurikulum 2013, Kurikulum Kondisi Khusus dan Kurikulum Mandiri, sesuai kondisi dan kemampuan sekolah. Dengan memprioritaskan seluruh satuan pendidikan bukan untuk menuntaskan kurikulum tapi memastikan setiap siswa mengalami pembelajaran. Penjelasan tersebut menjelaskan konsep pembelajaran di masa pandemi COVID-19 terkait...
A. Kebutuhan peserta didik
B. Kurikulum kondisi khusus
C. Prinsip pembelajaran
D. Protokol kesehatan

11. Siklus Pembelajaran menggambarkan hubungan tiga komponen penting yaitu...
A. Kurikulum, asesmen dan pembelajaran
B. Kurikulum, asesmen dan rencana pembelajaran
C. Kurikulum, konten pembelajaran dan evaluasi pembelajaran
D. Kurikulum, rencana pembelajaran dan evaluasi pembelajaran

12. Guru Nanda akan melakukan PTM Terbatas, Guru Nanda merasa kebingungan untuk memberikan metode pembelajaran selama PTM terbatas. Jika Anda adalah Guru Nanda, metode pembelajaran PTM Terbatas yang akan Anda berikan pada murid...
A. Praktik, teknologi pembelajaran, refleksi, dan umpan balik
B. Praktik, guru kunjung, refleksi dan teknologi interaktif
C. Praktik, teknologi interaktif, refleksi dan diskusi
D. Praktik, diskusi, refleksi dan umpan balik

13. Pada sekolah dasar tempat Guru Meta mengajar melakukan PTM Terbatas. Pada praktiknya Guru Meta menggunakan strategi pembelajaran campuran serta menggunakan pola sinkron dan asinkron. Pada hari Rabu terdapat jadwal PTM di kelas Guru Meta Mengajar dan Guru Meta akan melakukan sesi sinkron. Aktifitas apa yang dapat Guru Meta lakukan...
A. Melalukan sesi refleksi melalui konferensi video bersama murid
B. Murid melakukan praktik secara mandiri di rumah
C. Memberikan materi melalui video untuk murid yang dapat diakses kapanpun
D. Memberikan tugas untuk murid kerjakan secara mandiri

14. Guru Karen akan melakukan PTM Terbatas pada kelasnya. Sebelumnya Guru Karen melakukan beberapa aktivitas untuk mengetahui kesiapan psikososial murid, menumbuhkan minat belajar murid, dan berdiskusi terkait tujuan pembelajaran yang akan dicapai. Berdasarkan aktivitas yang dilakukan oleh Guru Karen sesuai alur pembelajaran kenormalan baru yaitu...
A. Asesmen Diagnosis
B. Orientasi Kesiapan Belajar & Psikososial
C. Asesmen Formatif
D. Asesmen Sumatif

15. Guru Fandy adalah guru mata pelajaran fisika di sekolah menengah pertama swasta. Pada tahun ajaran ini sekolah tempat Guru Fandy akan melaksanakan Pertemuan Tatap Muka Terbatas, dan Guru Fandy sedang kesulitan untuk menyusun RPP. Langkah-langkah yang dapat dilakukan oleh Guru Fandy untuk menyusun RPP adalah...

A. Menganalisis rencana jadwal pembelajaran yang ditetapkan - Melakukan asesmen diagnonsis terhadap kondisi peserta didik dan orang tua untuk memulai pembelajaran - Menyusun jadwal pembelajran kelas atau mata pelajaran - Menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran PAUDDIKDASMEN di masa pandemi COVID-19 - Melakukan pembelajarna berdasarkan RPP dan jadwal pembelajaran - Memastikan proses pemberian umpan balik - Melakukan refleksi dan perbaikan strategi pembelajaran berdasarkan hasil asesmen formatif.

B. Menganalisis rencana jadwal pembelajaran yang ditetapkan - Melakukan asesmen diagnonsis terhadap kondisi peserta didik dan orang tua untuk memulai pembelajaran - Menyusun jadwal pembelajaran kelas atau mata pelajaran - Melakukan refleksi dan perbaikan strategi pembelajaran berdasarkan hasil asesmen formatif - Menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran PAUDDIKDASMEN di masa pandemi COVID-19 - Melakukan pembelajaran berdasarkan RPP dan jadwal pembelajaran - Memastikan proses pemberian umpan balik.

C. Menganalisis rencana jadwal pembelajaran yang ditetapkan - Melakukan asesmen diagnonsis terhadap kondisi peserta didik dan orang tua untuk memulai pembelajaran - Menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran PAUDDIKDASMEN di masa pandemi COVID-19 - Menyusun jadwal pembelajaran kelas atau mata pelajaran - Melakukan refleksi dan perbaikan strategi pembelajaran berdasarkan hasil asesmen formatif - Melakukan pembelajaran berdasarkan RPP dan jadwal pembelajaran - Memastikan proses pemberian umpan balik.

D. Menganalisis rencana jadwal pembelajaran yang ditetapkan - Menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran PAUDDIKDASMEN di masa pandemi COVID-19 - Melakukan asesmen diagnonsis terhadap kondisi peserta didik dan orang tua untuk memulai pembelajaran - Menyusun jadwal pembelajaran kelas atau mata pelajaran - Melakukan refleksi dan perbaikan strategi pembelajaran berdasarkan hasil asesmen formatif - Melakukan pembelajaran berdasarkan RPP dan jadwal pembelajaran - Memastikan proses pemberian umpan balik.

16. Dalam pelaksanaan PTM Terbatas guru diharapkan mampu menyusun jadwal pembelajaran kelas atau mata pelajaran yang diampunya dengan melalui tahapan-tahapan berikut ini, kecuali...
A. Memastikan kesiapan protokol kesehatan di ruang kelas
B. Menyusun kelompok belajar per kelas dengan komposisi yang sesuai dengan jenjang kelas yang telah ditetapkan oleh satuan pendidikan.
C. Memetakan mata pelajaran pada sesi PTM Terbatas dan PJJ.
D. Menyusun asesmen diagnosis kognitif dan non kognitif sebelum pembelajaran

17. Guru Fajar sedang mempersiapkan tahun ajaran baru dengan dilaksanakan PTM Terbatas dan sedang menyusun jadwal pembelajaran kelas. Setelah memetakan mata pelajaran pada sesi PTM Terbatas dan PJJ, maka langkah selanjutnya adalah yang harus dilakukan oleh Guru Fajar adalah...
A. Menentukan durasi sesi PJJ sesuai dengan jenjang kelas yang telah ditetapkan oleh satuan pendidikan.
B. Menuliskan daftar nama peserta per kelompok belajar yang sudah ditentukan di setiap kelas
C. Menyusun jadwal PJJ sesuai dengan aturan jumlah PTM setiap minggu yang telah ditetapkan oleh satuan pendidikan
D. Menentukan durasi waktu sesi PTM Terbatas sesuai dengan jenjang kelas yang telah ditetapkan oleh satuan pendidikan untuk mengurangi resiko penularan

18. Tujuan dari pemantauan kecuali adalah...
A. Mengetahui tingkat kepatugan terhadap protokol kesehatan
B. Mengetahui tingkat efektivitas pengelolaan pembelajaran
C. Mendiskusikan dan menentukan dukungan yang dibutuhkan satuan pendidikan
D. Menilai kepatuhan protokol dan pengelolaan pembelajaran pada satuan pendidikan

19. Sebagaimana dijelaskan sebelumnya, penjaminan mutu diperlukan guru sebagai refleksi dalam menentukan perbaikan pelaksanaan pembelajaran di kelas atau pada mata pelajaran. Adapun kriteria keberhasilan pembelajaran di masa COVID-19 bagi guru diantaranya kecuali...
A. Tingkat kepatuhan terhadap protokol kesehatan dalam pelaksanaan pembelajaran di masa pandemi COVID-19 di kelas.
B. Tingkat pelibatan orang tua dalam merencanakan, memandu, melaksanakan, memberi umpan balik dan mengembangkan pembelajaran.
C. Tingkat pelibatan peserta didik dalam merencanakan, melaksanakan dan memberikan umpan balik terhadap pembelajaran.
D. Tingkat upaya refleksi dan perbaikan proses pembelajaran di masa pandemi COVID-19 kelas / mata pelajaran.

20. Setelah melakukan pemantauan pembelajaran, Anda akan mendapat hasil berupa tingkat efektifitas pembelajaran di masa pandemi. Hasil tersebut dapat Anda kategorikan untuk mengetahui seberapa efektif Bapak Ibu Guru melaksanakan pembelajaran di masa pandemi COVID-19. Apa tindak lanjut pengembangan pembelajaran yang dapat dilakukan guru, kecuali...
A. Membagikan Praktik Baik
B. menguatkan Potensi Praktik Baik
C. Mendiskusikan Penguatan
D. Menguatkan Praktik Pembelajaran