Postingan berikut, diberikan Langkah Praktis Penggunaan Aplikasi Bantu Format Excel SKP 2022 (versi3), dari tim APSI Pusat yang dibuat oleh Bapak Drs. Gembong Sumadiyono,M.Pd (tim IT APSI Pusat). Langkah Praktis ini dikirimkan oleh beliau kepada admin, untuk memudahkan penggunaan Aplikasi SKP 2022, yang sebelumnya sudah di posting di sini.
Untuk aplikasinya dapat di unduh pada link berikut.
https://www.matdapor.my.id/2022/11/skp-2022-berdasarkan-permenpan-no6.html
LANGKAH PRAKTIS PENGGUNAAN APPLIKASI BANTU EXCEL SKP 2022 (Versi3)
TAHAP PERENCANAAN:
Pada tampilan awal, isikan Jabatan yang akan dibuat : Misalkan PENGAWAS, KEPALA SEKOLAH atau GURU, Isikan dengan jabatan tersebut pada sisi bagian tengah atas.
Klik DATA UMUM, isikan data sesuai dengan data-data kepegawaian yang diminta, pada isi awal akan diminta password (isikan sesuai dengan Password yang diberikan)
Klik HOME, selanjutnya pilih TOMBOL TUPOKSI, untuk mengedit seperlunya sesuai dengan tupoksi melengkapi data masing2 Secara terstruktur dari atas ke bawah sesuai dengan Matrik Peran Pembagian Hasil (MPPH) Kerja Unit Organisasi sesuai Kabupaten / Kota atau Provinsinya masing-masing sebelum ke SKP JF KUANTITAS,
Kode kegiatan untuk masing-masing unit secara Sturuktur dari atas ke bawah unsur :
DINAS KODE 1
KACABDIN KODE 2
PENGAWAS KODE 3
KEPALA SEKOLAH KODE 4
GURU KODE 5
Cermati pada Kode dan Kegiatan pada Menu TUPOKSI (isian Kegiatan dapat disesuaikan dengan
Kegiatan Intervensi Atasan masing-masing OPD/Lembaga di daerah masing-masing)
Kegiatan RHK Intervensi Atasan (sisi kiri) dan RHK Pegawai Penyusun SKP yang bersangkutan ada pada sisi kanan, isian merupakan tupoksi masing-masing Jabatan dan dapat diedit sesuai kebutuhan.
Selanjutnya klik HOME, lalu ke tombol SKP JF KUANTITAS, isikan kode dan kegiatan INTERVENSI ATASAN dan RHK PEGAWAI, sesuai dengan Kode Jabatan masing-masing yang ada pada Menu TUPOKSI UNOR INDUK DAN UNOR PEGAWAI (Sebagai Contoh disini DINAS-PS-KS-GURU) sesuai dengan kodenya masing-masing, isikan kuantitas (jumlah), Kualitas (%) dan Waktu (Bln), untuk masing-masing Indikator Kinerja Individu (IKI).
Pada lembar SKP ini kita isikan kondisi ideal positif PERILAKU KERJA dan EKSPETASI PIMPINAN dalam kondisi ideal Positif.
Catatan :
Pada table PERILAKU DAN EKSPETASI PIMPINAN ini tertuang kondisi positif dan kondisi negative yang digunakan nanti pada saat EVALUASI KINERJA. Pada Tabel Perilaku dan Ekspetasi ini dapat diedit sesuai dengan harapan pimpinan melalui dialog kerja antara Pimpinan dan seluruh pegawai yang ada di bawahnya pada Unit Organisasi tersebut.
Tabel PERILAKU KERJA DAN EKSPETASI PIMPINAN
Tuliskan Perilaku pada kondisi Positif (Misal 1.1), untuk kondisi Negatif (Misal 1.1.1), dan seterusnya sampai pada Komponen Perilaku ke 7. Demikian Pula tuliskan Ekspetasi Pimpinan (seuai hasil dialog kerja) dalam kondisi Positif dan Negatif.
Isikan LAMPIRAN SKP, pada tempat isian DUKUNGAN SUMBER DAYA dan KONSEKUENSI secara manual, sesuai dengan evidence yang akan disampaikan sesuai tupoksi masing-masing pada
SKEMA PERTANGGUNGJAWABAN, untuk SKEMA PERTANGGUNGJAWABAN, tidak perlu diisi
(sudah terisi otomatis sesuai dari isian setiap Aspek Kualitas RHK)
SELESAI TAHAP PERENCANAAN (Kembali klik Menu Tombol HOME)
TAHAP EVALUASI KINERJA:
Pada tampilan Tombol EVALUASI KINERJA, isikan Realisasi capaian dengan menginput Kuantitas, kualitas dan Waktu yang dicapai, masing2 unsur akan muncul Hasil Kerja berupa Umpan Balik (Telah diisi sebelumnya pada Tabel Umpan balik berdasarkan hasil dialog kerja).
Lakukan pengisian Capaian masing-masing Aspek dari IKI Utama Pertama sampai dengan IKI Terakhir (dalam contoh ini 5 IKI Utama), dilanjutkan dengan IKI Tugas Tambahan.
Pada akhir penilaian IKI pada sisi kanan bawah penilaian HASIL KERJA, akan muncul Rating Capaian predikat (Apakah DI BAWAH EKPETASI, SESUAI EKSPETASI atau DI ATAS EKSPETASI), dari hasil seluruh IKI yang telah dilaksanakan/dicapai.
Selanjutnya pilih checklist pilihan drop-down pada sisi Kiri (Apakah DIBAWAH EKPETASI, SESUAI EKSPETASI, DI ATAS EKSPETASI?), sesuai dengan Hasil Capaian yang diperoleh (sisi kanan) dari seluruh penilaiain yang diinput pada Lembar HASIL KERJA.
Selanjutnya masuk pada penilaian PERILAKU KERJA, lakukan dengan cara yang sama dalam melakukan penilaian Perilaku, Ekspetasi dan Umpan Balik dengan mengisi pada sisi kanan lembar dengan Kode sesuai pada Tabel PERILAKU KERJA – EKSPETASI PIMPINAN dan Tabel UMPAN BALIK yang telah ditetapkan sebelumnya berdasarkan hasil dialog kerja (terkait Kode Positif dan negative setiap unsur PERILAKU-EKSPETASI dan UMPAN BALIK).
Lakukan dengan cara yang sama mulai dari Komponen Perilaku Kerja (1) sampai dengan Komponen Perilaku Kerja (7), sesuai dengan hasil penilaian pimpinan / penilai kinerja.
Seperti halnya HASIL KERJA, Pada akhir komponen akan muncul rating hasil penilaian PERILAKU KERJA (Apakah DI BAWAH EKSPETASI, SESUAI EKPETASI atau DI ATAS EKSPETASI), pada sisi kanan lembar kerja.
Selanjutnya pilih checklist pilihan pada sisi Kiri (Apakah DIBAWAH EKPETASI, SESUAI EKSPETASI, DI ATAS EKSPETASI?), sesuai dengan hasil Capaian yang diperoleh (sisi kanan) dari seluruh penilaiain yang diinput pada Lembar PERILAKU KERJA.
Pada PREDIKAT PEGAWAI akan muncul hasil pada kiteria, SANGAT, BAIK, KURANG/MISSCONDUCT / BUTUH PERBAIKAN atau SANGAT KURANG dari hasil Penilaian Kuadran tergantung dari predikat kuadran PERILAKU KERJA dan HASIL KERJA.
Selanjutnya Klik DOKUMEN EVALUASI KINERJA PEGAWAI (Hasil Akhir Penilaian)
Hasil Penilaian Kinerja ditunjukkan pada CAPAIAN KINERJA ORGANISASI dan PREDIKAT KINERJA PEGAWAI dalam 2 format, yang pertama ditandatangani oleh Pegawai yang Dinilai dan Pejabat Penilai dan pada Format kedua, yang ditandatangani oleh Pegawai yang Dinilai, Pejabat Penilai dan Atasan Pejabat Penilai.
SELESAI.